Warga Desa Sariglagah Antusias Ikuti Pelatihan Pemasaran Online

SARIGLAGAH—Pemerintah Desa Sariglagah Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang menyelenggarakan Pelatihan Pemasaran Online, yang diikuti oleh kalangan remaja putra dan putri serta ibu-ibu.

Pelatihan itu berlangsung selama 4 hari, mulai 13 Juli hingga 17 Juli 2018, dengan anggaran Dana Desa. Sekretaris Desa Sariglagah Margiasih menjelaskan pelatihan itu merupakan salah satu kegiatan menggunakan Dana Desa dengan program pemberdayaan masyarakat.

Pihaknya mengharapkan para peserta bisa mengikuti pelatihan pemasaran online sehingga potensi desa bisa tersebar ke seluruh daerah di Indonesia. Peserta pelatihan berjumlah 15 -an orang.

“Harapannya, mereka bisa memasarkan produk yang ada di desa,” terang Margiasih.

Di awal pertemuan, pemateri memaparkan tata cara membuka toko online dengan memanfaatkan media sosial yang bisa diakses secara gratis. Sebelum itu, mereka diberikan materi tentang riset untuk menganalisa potensi pasar, kapan produk itu dicari konsumen, kota mana saja yang potensi untuk produk tersebut serta kata kunci yang sering dipakai customer untuk mencari produk itu. Setelah itu, hasil riset bakal dibenamkan di toko online. Tujuannya, biar penjualan tersegmentasi dengan tepat.

Seperti halnya membuka toko offline yang perlu menyiapkan beberapa hal antara lain produk, promosi, lokasi, dan pernak pernik lain supaya toko itu memiliki daya tarik konsumen. Pun demikian dalam membuat toko online. Promosi hingga packaging produk harus semenarik mungkin.

Pemateri dalam acara tersebut yakni Abdul Qayum dan Muhammad Khamdi, yang merupakan pelaku bisnis online.

“Semakin banyak melakukan promosi, toko online yang dibuat akan banyak dikunjungi dan ending-nya terjadi closing atau penjualan,” jelas Qayum.

“Dan jangan sampai kita slow response ketika ada pembeli tanya, layani mereka dengan baik,” lanjut Khamdi.

Malam kian larut, namun warga yang didominasi kaum muda serta perangkat desa tetap antusias menyimak materi dari awal hingga berakhir pukul 23.00 WIB.

Selang beberapa hari dari pelatihan pemasaran online, salah seorang peserta, Kisrotul Fahiroh memberikan testimoni karena sudah mendapatkan pelanggan hijab dari berbagai daerah. Dan pihaknya menanyakan kepada tim pemateri perihal jasa pengiriman ke luar negeri.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan